Senin, 23 Juni 2008

PENGUATAN DAKWAH KETEKNIKAN DALAM MENYONGSONG

ERA BARU

Dakwah adalah sebuah aktivitas yang mulia untuk sebuah tujuan yang mulia pula. Sebuah tujuan yang amat besar yaitu tegaknya kalimat Allah di muka bumi ini. Dakwah bukanlah tugas yang ringan, pada jalannya terbentang begitu banyak rintangan, duri dan kerikil yang siap mencabik-cabik tapak kaki para penyeru-penyerunya. Padanya terdapat beban yang mampu mematahkan tulang punggung (Fi Zhilalil Qur’an, Sayid Qutub). Karenanya, dakwah tidak mungkin dihasung seorang diri, diperlukan adanya amal jama’i untuk merealisasikan tujuan-tujannya. Sebagaimana firman Allah dalam surat As Shaff : 4 “ Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berjuang di jalan-Nya dalam barisan seperti bangunan yang kokoh”. Ali ra.juga pernah berkata, “ Kejahatan yang terorganisir akan mampu mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir”. Demikian pula dakwah kampus, ia harus teratur dengan baik agar misinya tidak dikalahkan oleh siasat musuh- musuh Islam. Agar para mahasiswa yang diharapkan akan memegang tampuk kepemimpinan bangsa yang akan datang dapat mengecap manisnya Iman dan Islam untuk diaplikasikan dalam masa kepemipinannya kelak . Alasan ini serta beberapa dalil naqli di atas dan banyak lagi dalil lainnya menjadi landasan syar’i akan pentingnya keberadaan LDK ( Lembaga Dakwah Kampus ) sebagai sebuah lembaga yang mewadahi kader-kader dakwah kampus untuk bergerak bersama dalam sebuah amal jama’i untuk menghasung tugas dakwah yang mulia.

Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Kampus Teknik ( FULDKT ) amat menyadari peran penting LDK terhadap proses penyebaran nilai Islam di Kampus, khususnya internal kampus teknik yang menjadi fokus pembahasannya. Oleh karena itu dalam Munas II yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya Malang, 11-13 September yang lalu dibentuklah komisi khusus untuk membahas tentang ke-LDKT-an disamping dua komisi lain yang membahas tentang dakwah akademis dan profesi. Pembahasan Komisi I menjadi penting karena bagaimana mungkin dakwah memperluas ranahnya pada bidang akademis dan profesi sementara inti geraknya sendiri belum mapan.

Diskusi panjang Komisi I pada waktu itu menitik beratkan pada dua masalah utama, yaitu: pengembangan dan pengokohan jaringan. Dua aspek inilah yang akan coba saya ulas dalam tulisan ini.

PENGEMBANGAN JARINGAN

Di awal tadi telah saya sampaikan betapa pentingnya keberadaan lembaga dakwah kampus di setiap kampus teknik, idealnya tentu demikian. Tapi pada kenyataannya tidak setiap kampus teknik di Indonesia memiliki LDKT . Berangkat dari kondisi ini maka Komisi I FULDKT merekomendasikan sebuah program pengembangan jaringan kepada Munas II FULDKT .

Ide utamanya adalah bagaimana FULDKT dapat berperan dalam upaya pendirian LDKT di kampus-kampus teknik yang belum memiliki lembaga dakwah resmi. Harapannya ketika seluruh kampus teknik di Indonesia telah memiliki LDKT, maka isu-isu yang dilontarkan FULDKT kaitannya dengan dakwah keteknikan akan benar-benar menjadi isu nasional – bukan segelintir pihak saja - sehingga memiliki daya penetrasi yang lebih kuat terhadap opini publik. Di samping itu tentunya perkembangan syiar ke-Islaman di kampus-kampus tersebut akan semakin meningkat.

Untuk merealisasikan program ini disusunlah langkah-langkah gerak sebagai berikut:

a. Pendataan Kampus teknik yang belum memiliki LDKT

b. Uji kelayakan

Dari data kampus teknik yang belum memiliki LDKT di atas dilakukan analisa mana saja kampus teknik yang layak di dampingi dalam usaha pendirian LDKT. Hal ini didasarkan pada realitas bahwa tidak setiap kampus teknik memiliki faktor-faktor pendukung untuk mendirikan LDKT, diantaranya tentang kondisi SDM, sikap birokrasi kampus, dll. Untuk kampus-kampus yang lolos uji kelayakan akan segera didampingi untuk pendirian LDKT.

c. Upaya lewat jalur formal dengan menghubungi Dirjen DIKTI agar merekomendasikan adanya LDKT di setiap kampus teknik.

d. Memahamkan ADKT (Aktivis Dakwah Kampus Teknik) akan pentingnya LDKT.

Ada kalanya sebuah kampus memiliki sejumlah aktivis dakwah tetapi tidak tergabung dalam sebuah LDKT, masing-masing melakukan aktivitas dakwahnya secara infiradhi. Untuk jenis kampus macam inilah diperlukan pendekatan dan motivasi kepada para aktivis dakwahnya akan pentingnya LDKT.

PENGOKOHAN JARINGAN

Program pengokohan jaringan adalah upaya menyetarakan kualitas LDKT-LDKT yang menjadi anggota FULDKT. Hal ini penting untuk memasifkan gerakan dari FULDKT itu sendiri. Teknis yang disepakati ialah melalui pendampingan dari LDKT mapan kepada LDKT yang belum mapan.

Komisi I telah melakukan pembahasan tentang parameter kemapanan sebuah LDKT dan menghasilkan beberapa kriteria LDKT mapan dan belum mapan, meliputi kondisi SDM, eksistensi lembaga, sarana-prasarana yang dimiliki, dan frekuensi kegiatan syiarnya. Dengan adanya parameter yang jelas maka diharapkan program ini dapat dijalankan dengan lebih mudah. Selanjutnya untuk meningkatkan kualitas kader dakwah pada sisi profesionalitas lembaga dan bekal dakwahnya disepakati beberapa strategi sebagi berikut:

a. Standarisasi pelatihan manajerial

b. Upaya memperjelas & mengefektifkan alur kaderisasi sesuai karakteristik masing-masing LDKT.

c. Pelaksanaan kegiatan syiar bersama antar LDKT dalam satu wilayah.

Kedua program di atas harapannya akan memperkuat aspek ke-LDKT-an yang akan mendukung pula gerak FULDKT di wilayah akademis dan profesi teknik. Pelaksanaannya akan dikoordinir oleh SENKOMNAS (Sentra Komunikasi Nasional) FULDKT dalam hal ini SKI FT Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Barangkali ini sekelumit informasi yang bisa saya bagi pada antum wa antuna pembaca Shohwah yang setia. Saya akhiri uraian ini dengan harapan semoga Allah SWT memberikan kekuatan kepada kita semua untuk senantiasa mengabdikan segala yang telah dikaruniakan-Nya untuk dakwah ilallah. Memberikan ridho-Nya pada setiap langkah kita dalam meninggikan kalimat-Nya, mengampuni dosa kita dan menunjuki kita pada jalan yang dicintai-Nya. Agar setiap peluh yang menetes dan setiap darah yang tercecer menjadi saksi syahidnya jiwa-jiwa kita, Insya Allah !!

Tidak ada komentar:

SMA N 2 TAPAKTUAN

SMA N 2 TAPAKTUAN
Training Motivasi

PESANTERN AL-MUNJIYA LABUHAN HAJI

PESANTERN AL-MUNJIYA LABUHAN HAJI
Training ISQ

PEMUDA DAN PEMUDI KECAMATAN SAWANG, ACEH SELATAN

PEMUDA DAN PEMUDI KECAMATAN SAWANG, ACEH SELATAN
TRAINING MOTIVASI